6 Tips Berbuka Puasa Sehat Dan Simpel

Ramadhon yaitu bulan untuk beribadah, beramal, berpuasa, dan mengejar kebarokahan. Ramadhon akan membawa serangkaian aktivitas khusus yang mana iftar (berbuka puasa) menjadi salah satu bagian penting dalam puasa. Makan dengan cara yang benar dan memiliki menu buka puasa yang berimbang akan berkontribusi untuk menjaga kesehatan tubuh selama bulan Ramadhon. Perhatikanlah 6 tips buka puasa sehat dan sederhana:

Berbukalah dengan mengkonsumsi kurma

Puasa dalam waktu yang lama bisa menciptakan sebagian keadaan sulit dalam tubuh seperti lesu, sakit kepala, dan kadar gula darah yang rendah. Karenanya cara untuk menuntaskannya merupakan berbuka dengan kurma. Kandungan gula, serat, potasium dan magnesium dalam kurma bisa menyelesaikan masalah yang telah diceritakan di atas. Dengan demikian, mengonsumsi kurma setelah seharian berpuasa bisa mengembalikan kadar gula dalam darah menjadi normal.

Penuhi keperluan air dalam tubuh

Sebelum anda membeli aneka tipe makanan, pastikan bahwa anda telah memiliki persediaan air yang cukup, jus yang sehat atau selai buah. Asupan ini akan mengganti cairan tubuh yang sirna dan mencegah dehidrasi. Anda juga dapat memilih sup sebagai pengganti cairan tubuh yang sirna pada hari itu dan untuk menyiapkan perut anda sebelum mendapatkan makanan berat lainnya.

Jangan mencampurkan buah dengan makanan lain

Makanlah buah-buahan saat berbuka puasa atau makanlah buah-buahan tersebut sesudah selesai makan malam. Kenapa? Karena saat buah-buahan bercampur dengan makanan yang mengandung protein, mineral, dan lemak, maka makanan tersebut cenderung mengganggu pengerjaan pencernaan buah-buahan tersebut. Metode yang paling bagus merupakan memberi jeda 30 menit antara mengkonsumsi buah dan makanan berat lainnya.

Jangan mencampur buah jeruk dengan produk olahan susu

Asam yang dijadikan oleh jeruk dapat mengentalkan kandungan susu di dalam makanan, dan hal tersebut akan mengganggu cara kerja pencernaan dalam lambung. Kenyataannya mencampurkan antara protein dan kanji juga bukan gagasan yang bagus. Jika menu makan malam anda terdiri dari olahan daging dan anda mau untuk melahap semuanya –lebih bagus jangan anda lakukan. Maka cobalah untuk menyeimbangkan makanan anda dengan sayur-sayuran segar.

Kuncinya ialah kesederhanaan

Jangan minum terlalu banyak dikala berbuka, sebab hal tersebut bisa menyebabkan sakit perut dan kelelahan. Juga, hindarilah makan makanan berat terlalu banyak, karena hal tersebut bisa mengganggu cara pencernaan. Jangan mengambil makanan terlalu banyak, hal hal yang demikian akan menyebabkan anda mengantuk setelah berbuka.

Bersabarlah

Jangan terburu-buru menghabiskan makanan anda. Saat tubuh anda mendapatkan makanan secara tiba-tiba sesudah tidak ada asupan makanan yang dicernanya selama seharian, karenanya hal itu dapat menyebabkan gangguan pada pencernaan dan menyebabkan beberapa permasalahan pada lambung. Berbukalah dengan memakan kurma, buah-buahan yang banyak mengandung air atau jus buah. ini akan memberikan waktu terhadap perut anda untuk memproses makanan hal yang demikian dan menyiapkan fungsinya.



Bantu penulis dengan share: