Bacaan Dan Sistem Cara Shalat Jenazah / Mayit

Bacaan Dan Cara Metode Sholat Jenazah / Mayit

Shalat Jenazah atau Sholat Mayit regulasinya ialah fardhu kifayah (fardhu yang dapat dicukupkan dengan satu orang saja). Melainkan jikalau tidak ada yang melakukan, seluruh akan berdosa.

Dalam tata caranya, sholat jenazah tak sama dengan shalat biasa. Yaitu tanpa ruku’, sujud, i’tidal dan tahiyyat, akan namun hanya dengan 4 takbir dan 2 salam, yang dilaksanakan dalam kondisi berdiri.

Maka rukun dalam shalat jenazah merupakan:

Berdiri
Niat
Takbir 4 kali
Salam
Kemudian secara makna harfiah, terdapat perbedaan pengucapan lafadh dalam sholat untuk mayit laki-laki dan perempuan. Bila untuk laki-laki menggunakan dhomir “HU”, karenanya untuk perempuan menggunakan dhomir “HA”. Maka nanti, sahabat dalam melafadhkan bagus niat, doa takbir ketiga dan keempat rubahlah cocok mayit yang dishalatkan.

Berikutnya kami sajikan Sistem Metode Dan Bacaan Aku Jenazah – Arab Indonesia dan Terjemahnya lengkap segala versi (arab, indonesia dan pengucapannya) supaya mudah dipelajari dan difahami artinya.

shalat mayit

Berikut ini yakni tata sistem shalat jenazahBacaan Dan Cara Metode Sholat Jenazah / Mayit.

Bacaan Dan Metode Sistem Sholat Jenazah / Mayit

1.NIAT
Untuk mayat laki-laki:

اُصَلِّى عَلَى هَذَا الْمَيِّتِ اَرْبَعَ تَكْبِيْرَاتٍ فَرْضَ كِفَايَةٍ للهِ تَعَالَى

USHOLLI ALA HADZAL MAYYITI ARBA’A TAKBIROTIN FARHO KIFAYATIN LILLAHI TA’ALA

Aku niat shalat untuk mayit laki-laki ini dengan empat takbir fardhu karna Allah

Untuk mayat perempuan:

اُصَلِّى عَلَى هَذِهِ الْمَيِّتَةِ اَرْبَعَ تَكْبِيْرَاتٍ فَرْضَ كِفَايَةٍ للهِ تَعَالَى

USHOLLI ALA HADZIHIL MAYYITATI ARBA’A TAKBIROTIN FARHO KIFAYATIN LILLAHI TA’ALA

Saya niat sholat untuk mayit perempuan ini dengan empat takbir fardhu karna Allah

2. TAKBIR 4 KALI DIIRINGI BACAAN SETELAHNYA
Takbir Pertama: Membaca Surat Al Fatihah

Takbir Kedua: Membaca Sholawat

Takbir Ketiga:

Membaca doa ringkas: اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ

Atau doa lengkap:

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ، وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ، وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ اْلأَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ، وَأَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ، وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ، وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَعَذَابِ النَّارِ

Ya Allah! Ampunilah dia (mayat) berilah rahmat kepadanya, selamatkanlah dia (dari beberapa hal yang tidak disukai), maafkanlah ia dan tempatkanlah di daerah yang mulia (Surga), luaskan kuburannya, mandikan ia dengan air salju dan air es. Bersihkan ia dari semua kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan baju yang putih dari kotoran, berilah rumah yang lebih baik dari rumahnya (di dunia), kasihlah keluarga (atau istri di Surga) yang lebih bagus daripada keluarganya (di dunia), istri (atau suami) yang lebih bagus daripada istrinya (atau suaminya), dan masukkan dia ke Surga, jagalah dia dari azab kubur dan Neraka.”

Takbir Keempat:

اللهم لاتحرمنا أجره ولا تفتنا بعده واغفر لنا وله

ALLAHUMMA LAA TAHRIMNA AJROHU WALA TAFTINNA BA’DAHU WAGHFIRLANA WALAHU

Artinya: “Ya Allah janganlah kami tidak Engkau beri pahalanya, dan janganlah Engkau kasih fitnah terhadap kami sesudahnya, dan kasihlah ampunan kepada kami dan kepadanya.Bacaan Dan Cara Cara Sholat Jenazah / Mayit.

Bacaan Dan Sistem Metode Sholat Jenazah / Mayit

4. Kemudian diakhiri dengan MEMBACA SALAM
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

ASSALAMUALAIKUM WAROHMATULLAHI WABAROKATUH

Demikian beberapa kesimpulan artikel seputar tata metode dan do’a sholat jenazah, semoga dapat menambah wawasan dan amaliah pembaca sekaligus, terimakasih sudah berkunjung semoga bermanfaat.

Bagikan ini:



Bantu penulis dengan share: