Terungkap! Hikmah Nyamuk Dalam Islam Bagi Manusia

Assalamu ‘alaikum warohmatullohi wa barokatuh. Pagi ini, kami akan menghadirkan bahasan menarik bagi kita semua. Walhamdulillah, mungkin yang menjadi pertanyaan kita selama ini bisa terjawab disini. Bi idznillah. Kita disini akan mengangkat topik hikmah nyamuk dalam islam.

Terungkap! Hikmah Nyamuk Dalam Islam Bagi Manusia

Setiap makhluk didunia ini punya tugasnya masing-masing, bahkan setiap partikel terkecil di dunia ini memiliki fungsinya tersendiri. Berarti tidak ada makhluk yang Alloh ta’ala ciptakan sia-sia, dan setiap makhluk memiliki tugas nya tersendiri. Lantas, bagaimana dengan nyamuk? Apa hikmah nyamuk dalam islam?

Keberadaan nyamuk sangat dinanti-nanti oleh para pemangsa nya. Ternyata, banyak makhluk yang bergantung hidupnya kepada nyamuk. Jika tidak ada nyamuk, bisa jadi mereka akan mati kelaparan. Padahal, para pemangsa nyamuk juga merupakan hidangan yang lezat bagi binatang pemangsa lainya yang lebih tinggi tingkatan nya dalam mata rantai makanan. Siklus rantai makanan akan menjamin keberlangsungan hidup di bumi ini. Nyamuk ikut menjaga keseimbangan mata rantai makanan kehidupan ini. Lantas, yang menjadi pertanyaan, apa penting nya nyamuk bagi manusia?

Nyamuk yang sering kita cela dan kita maki, sebenarnya memberikan keuntungan yang sangat besar bagi kesejahteraan kita, umat manusia. Penyakit-penyakit yang ditimbulkan nya mendorong kita meneliti berbagai aspek, dan mendorong manusia meneliti mengapa gigitan nya memberikan bahaya bagi manusia.

Lihat juga artikel kami yang lain: Tata Cara Mengubur Plasenta Ari ari Sesuai Sunnah

Dengan demikian, ilmu pengetahuan pun menjadi semakin berkembang dan manusia termotivasi untuk menemukan solusi atas berbagai penyakit yang hadir dari gigitan nyamuk ini. Dengan begitu, tak terhitung jumlah manusia yang kehidupan nya bergantung dari nyamuk. Contohnya; Para biologiawan yang meneliti nyamuk, pabrik-pabrik pembuat pestisida, para buruh pabrik nya, dsb.

Bukankah dengan adanya nyamuk, manusia berhasil menciptakan penelitian akan zat kimia pembasmi nyamuk, dari yang alami hingga yang kimia. Pabrik obat nyamuk berkembang pesat.

Tahukah Anda? Ternyata nyamuk ini mengetahui letak-letak pembuluh darah manusia. Nyamuk dibekali alat inframerah, sehingga dalam kegelapan pun dia bisa mengetahui kulit manusia. Dibalik kesan yang tidak bersahabat, hewan ini memberikan pelajaran dan hikmah.

Simak lebih lanjut video nya disini:

Sumber: Channel Kazanah Islam Indonesia

Diposting oleh: Islam Indonesia

Bantu penulis dengan share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *