Ini Fungsi Masjid Yang Sebetulnya

Ini Fungsi Mesjid Yang Hakekatnya

SETIAP umat muslim tentu sering kali kan datang ke masjid? Apalagi laki-laki, yang memang disarankan untuk senantiasa shalat berjamaah di masjid. Melainkan, kadang-kadang banyak orang yang belum mengetahui seutuhnya apa sih fungsi masjid yang sebenarnya itu. Untuk itu, Anda perlu mencari tahu, sebab boleh jadi Anda melakukan hal-hal yang sebetulnya tidak diizinkan dikerjakan di dalam mesjid. Lalu, apa fungsi masjid?

Mesjid berfungsi sebagai tempat sholat dan beribadah. Dan pada biasanya orang yang masuk ke masjid berniat untuk sholat dan beribadah saja, atau iā€™tikaf selama beberapa waktu.Ini Fungsi Masjid Yang Sebetulnya

Ini Fungsi Mesjid Yang Sebetulnya

Di dalam mesjid tidak boleh berbicara urusan dagang. Orang yang masih melaksanakannya tak akan mendapatkan barokah, bahkan dia akan mendapatkan kerugian. Kenapa urusan duniawi dilarang didiskusikan di masjid?

Urusan keduniawian seperti urusan politik akan memunculkan perkelahian, kegaduhan atau hal-hal lain yang bisa menganggu orang lain yang sedang shalat, sedang berdoa, berdzikir atau berkhalwat yang membutuhkan fokus.

Pertemuan di mesjid ialah pertemuan ukhuwah antara orang-orang beriman, bukan karena pertengkaran dan pro kontra. Banyak orang yang berniat untuk menenangkan hati sesudah sekian lama bergelut dalam dilema dunia, dan mau menghadap kepada-Nya dengan hati yang jernih.Ini Fungsi Mesjid Yang Hakekatnya.

Ini Fungsi Masjid Yang Sebenarnya

Jika di dalam masjid dipenuhi dengan dilema keduniawian, tentu mereka akan terganggu dan merasa tak hening. Bukankah masih ada waktu dan daerah yang lain untuk membicarakan masalah tersebut?

Ada orang yang mengkhususkan daerah tertentu di mesjid seolah-olah untuk dirinya sendiri, sehingga orang lain segan untuk menempatinya. Bagaiman itu?

Memang hal itu kerap terjadi. Mungkin mereka lupa bahwa Nabi melarang orang yang bertindak seperti itu, seperti juga beliau melarang orang yang melangkahi tubuh orang lain. Apakah sholat di shaf awal (baris pertama) lebih utama dan lebih besar pahalanya dari shaf-shaf lain?

Anggapan seperti itu tak benar, sebab hal ini bisa menyebabkan orang yang datang belakangan berebut untuk berdiri di barisan pertama, sehingga ia melangkahi dan mengganggu orang lain. Allah SWT telah memegang tata tertib shalat lewat ajaran Rasulullah SAW.

Bantu penulis dengan share: