Peraturan Berenang Bagi Wanita dan Dalilnya

Tertib Berenang Bagi Wanita dan Dalilnya

Berenang ialah salah satu olahraga yang cukup populer di kalangan masyarakat. Banyak juga masyarakat yang hobi untuk berenang pun banyak juga yang ingin menjadi atlet. Bagaimana jadinya apabila seorang perempuan berkeinginan menjadi atlet renang meskipun seandainya berenang identik dengan baju ketat yang menampilkan lekuk tubuh.
Sebab kostum hal yang demikian memang sudah ditetapkan guna memudahkan kesibukan berenang. Bila mengaplikasikan pakaian yang longgar juga akan mempersulit ruang gerak anda ketika berenang. Nah melihat masalah ini, bagaimana ya aturan berenang bagi wanita? Bahwasannya ciri ciri wanita baik menurut islam yaitu yang selalu mengedepankan segala instruksi Allah Swt dan cakap menjaganya dengan bagus.

Nah dalam Islam sendiri telah sangat jelas memerintahkan bagi kaum hawa untuk tak mengumbar auratnya dan berkewajiban menutupnya secara keseluruhan untuk melindungi dirinya sendiri.

“Hai Nabi, katakanlah terhadap istri-istrimu, si kecil-si kecil perempuanmu dan wanita-wanita (keluarga) orang-orang mukmin, supaya mereka mengulurkan atas diri mereka (ke segala tubuh mereka) hijab mereka. Memandang itu mewujudkan mereka lebih mudah diketahui (sebagai para wanita muslimah yang terhormat dan merdeka) sehingga mereka tak diganggu. Dan Allah senantiasa Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al – Ahzab ayat : 59)

Kegiatan penjelasan dari firman Allah di atas telah jelas bukan, bagaimana seorang wanita harus menjaga auratnya. Agar kerja yang demikian itu padat sekali-sekali memang membuat para kaum hawa ingin menyegarkan tubuh dan pikirannya dengan berenang.

Sebenenarnya berenang bagi wanita tak menjadi permasalahan. Tetapi terlebih dan mesti diperhatikan adalah berenang di daerah yang sepi atau malahan privat. Karena orang lain yang bukan mukhrim anda tak memandang bentuk tubuh anda ketika sedang berenang.

Inilah yang menjadi kendala, bila mau berenang di daerah sepi berkeinginan tidak berharap anda sepatutnya mempunyai kolam renang pribadi yang tentu saja membutuhkan biaya yang tak sedikit. Regulasi jika berharap berenang di daerah private sama saja, mesti mengeluarkan budget ekstra. Karena umumnya kolam renang private adanya di hotel – hotel berbintang. Baca juga mengenai undang-undang wanita tidak berhijab.

Undang-undang Berenang Bagi Wanita

Pada artikel kali ini saya bermaksud berharap membagikan sedikit berita yang saya ketahui mengenai aturan berenang bagi wanita. Prasyarat anda mau mengetahuinya lebih lanjut dan lebih dalam lagi, yuk kita simak bersama – sama penjelasan di bawah ini sebagai berikut :

Pada zaman Rasulullah dulu, beliau melarang para wanita untuk datang dan pun mandi pemandian lazim atau isltilahnya hammaam. Anda dapat mengamati sabda Rasulullah berikut ini untuk memperkuat pernyataan mengenai larangan hal yang demikian :

“Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir karenanya janganlah dia memasukkan istrinya ke dalan hammaam (tempat pemandian biasa).” (HR. At – Tirmidi no. 2801)

Kemudian dilanjutkan dengan sabda selanjutnya :

“Wanita mana yang melepaskan bajunya di kecuali rumah suaminya, karenanya ia sudah merusak relasi antara dirinya dengan Allah.” (HR Abu Dawud no. 4012 dan At-Tirmidzi no. 2803)Undang-undang Berenang Bagi Wanita dan Dalilnya.

Tata Berenang Bagi Wanita dan Dalilnya

Jikalau para wanita berenang di daerah yang sepi, konsisten saja tak dibolehkan menerapkan baju yang ketat, apalagi berpakaian minim layaknya orang – orang kafir.

“Janganlah seorang laki-laki memperhatikan kepada aurat laki-laki lain dan janganlah seorang wanita memperhatikan aurat wanita lain.” (HR Muslim no. 338)
Semestinya yang Perlu Dipenuhi Bagi Wanita yang Akan Berenang
Persyaratan memang konsisten ingin berenang sebaiknya anda memperhatikan hal – hal di bawah ini yang dapat dibuat sebagai bahan pertimbangan :

Wanita Tidak Menjaga Kehormatannya
Menjaga kehormatan diri seorang wanita memang sudah menjadi suatu kewajiban dan kewajiban ya sobat. Persyaratan memang terpaksa mau sekali berenang, tetapi cuma mampu berenang di tempat biasa, karenanya anda harus mengaplikasikan pakaian yang tertutup dan tidak ketat. Sehingga tak menimbulkan pandangan – pandangan haram yang dipertontonkan untuk kaum adam. Nah anda bisa memperhatikan firman Allah mengenai hal ini. Baca juga mengenai manfaat jilbab berdasarkan islam dan sains.
“Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan alat vitalnya, dan janganlah mereka menunjukkan perhiasannya, kecuali yang (awam) menonjol dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali terhadap suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tak mempunyai kemauan (kepada wanita) atau buah hati-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinyua agar dikenal perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian terhadap Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kau beruntung.” (QS. An Nur : 31)
Variasi Meskipun Kolam Renang yang Berbaur Dengan Lawan Tetap
Sekiranya anda tak memakai pakaian ketat, konsisten saja apabila berbaur dengan lawan variasi akan mengundang kekuatan tarik. Sehingga pandangan laki – laki pun tak dapat terjaga dan menjurus ke hal – hal yang menimbulkan dosa.

Coba saja anda amati, seberapa lebar pakaian yang dikenakan, sekiranya terkena air dan kemudian anda keluar dari kolam renang. Instruksi saja baju akan melekat ke badan sebab basah. Awam tubuh anda malahan akan nampak dan memunculkan tenaga tarik bagi kaum adam. Tapi mengenai menjaga aurat, ialah salah satu tanda bahwa beri sayang allah kepada wanita sangatlah besar.

Firman Allah yang diperuntukkan bagi wanita supaya menjaga diri dari pandangan laki – laki yang bisa mewakili poin ini yakni sebagai berikut :

“Dan (ingatlah) Maryam binti Imran yang memelihara kehormatannya, maka Kami tiupkan ke dalam rahimnya beberapa dari ruh (ciptaan) Kami, dan ia memperbaiki kalimat Rabbnya dan Kitab-Kitab-Nya, dan dia ialah termasuk orang-orang yang taat.” (QS. At Tahrim : 12)

Carilah Kolam Renang Mendapat yang Aman
Maksud dari aman disini ialah aman dari pandangan kaum adam dan tempatnya tertutup sehingga sangat sulit untuk dilihat orang dari luar area kolam renang. Peraturan untuk mendapatkan kolam renang dengan syarat seperti ini cukup sulit sobat. Apa salahnya mencoba mencari terlebih dahulu. Baca juga mengenai kasih sayang allah kepada hambanya.Undang-undang Berenang Bagi Wanita dan Dalilnya.

Tertib Berenang Bagi Wanita dan Dalilnya

Firman Allah Swt mengenai menjaga diri supaya senantiasa aman bisa anda lihat di bawah ini :

“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tak mendurhakai Allâh kepada apa yang diperintahkan-Nya terhadap mereka dan selalu melakukan apa yang diperintahkan.” (QS. At Tahrim : 6)

Sebab Izin dari Wali atau bahkan Suami
Sebagai wanita tentu saja menjadi tanggung jawab wali atau malah suami. Bagi para wanita yang belum menikah, tanggung jawab berada di pundak seorang ayah atau malahan kakak. Tata bagi para wanita yang telah bersuami tentu saja tanggung jawab berada di pundak sang suami.

Untuk itu alangkan pantasnya bila anda menginginkan kesibukan pergi berenang, sebelumnya meminta izin terutamanya dulu terhadap wali anda atau malah suami anda. Sebab mencontoh instruksi wali atau pun suami undang-undangnya mesti, dengan catatan perintah hal yang demikian masih berda di jalan yang Allah Swt ridhoi. Baca juga mengenai metode berpakaian wanita muslimah.

Izin memang amat penting, tentang izin tersebut juga dibuktikan dalam Hadits :

“Syarat seorang wanita melakukan sholat lima waktunya, mengerjakan shaum pada bulannya, menjaga genitalianya, dan mentaati suaminya, karenanya ia akan masuk surga dari pintu mana saja ia kehendaki.” (HR Ibnu Hibban dalam Shahihnya)

Nah bila and sudah bisa memenuhi persyaratan di atas, dengan catatan telah mendapatkan persetujuan atau malah izin, silahkan anda pergi berenang. Undang-undang jika tidak mendapatkan izin, jangan sekali – kali anda memaksakannya, seluruh itu juga demi kebaikan anda.
Awam Bagi Anda yang Dapat Membuka Kolam Renang Mendapatkan
Sebelumnya saya mohon maaf dan tak bermaksud untuk menggurui, melainkan aku cuma bermaksud untuk memberikan saran bagi anda yang berharap untuk membikin dan membuka kolam renang lazim, betapa pantasnya memandang hal – hal di bawah ini :

Kolam renang sudah selayaknya tertutup, sehingga betul-betul susah untuk diperhatikan atau malah dijadikan sebagai tontonan biasa.
Bedakan kolam renang wanita dan laki – laki untuk menghindari dosa.
Terdapat daerah ganti baju yang tertutup dan tentunya aman.
Menyediakan baju khusus menurut syariat Islam, sehingga penggunanya merasa nyaman dan tak menimbulkan dosa.
Hingga diambil rangkuman bahwa tulisan mengenai undang-undang berenang bagi wanita yang sudah diulas di atas secara detil dan dikemas dengan bagus diinginkan dapat membantu memudahkan anda dalam mempelajari serta memahaminya lebih dalam lagi sehingga sesuai diciptakan sebagai sumber acuan.

disini dahulu ya artikel kali ini yang membahas mengenai regulasi berenang bagi wanita. Semoga bisa berkhasiat bagi sobat sekaligus dan terima beri telah meluangkan sedikit waktunya untuk membaca tulisan aku ini. jumpa di artikel lainnya.



Bantu penulis dengan share: