Usai Sahur Jangan Segera Tidur Lagi

Rasa ngantuk yang melanda ketika sahur membuat sebagian orang memilih segera tidur lagi setelah mengisi perut untuk berpuasa, padahal budaya itu berdampak buruk kepada saluran pencernaan.

\”Ada sebagian orang muslim yang lantas tidur sesudah sahur. Hal ini bisa menyebabkan asam lambung balik arah kembali ke kerongkongan yang pada hasilnya dapat menyebabkan persoalan pada saluran cerna atas mereka,\” kata konsultan penyakit lambung dan pencernaan dari FKUI/RSCM Dr. dr. Ari Fahrial Syam dalam siaran pers, Sabtu (27/05/2017).

Selama berpuasa, orang acap kali menghadapi permasalahan asam lambung. Walaupun bukan yaitu penyakit mematikan, tetapi penyakit ini dapat memunculkan banyak komplikasi.

GERD (gastroesophageal reflux disease) yaitu penyakit pencernaan yang paling awam terjadi di dunia yang diderita lebih dari 10-20 persen populasi orang dewasa.

Gejala khas GERD yakni rasa panas di dada seperti terbakar dan ada sesuatu yang balik arah seperti ada yang mengganjal atau disebut juga heartburn.

Heartburn yang terkait dengan GERD umumnya dialami sesudah makan. Ada juga gejala lainnya, termasuk suara serak, radang tenggorokan, batuk kering kronis, lebih-lebih pada malam hari.

Berdasarkan Ari, penanganan penderita GERD pada prinsipnya yakni menghilangkan gejala dan mencegah komplikasi. Hal ini bisa dijalankan lewat perubahan gaya hidup, atau sekiranya perlu melewati intervensi medis.

Pasien GERD direkomendasikan untuk tidak mengonsumsi daging secara berlebihan dalam waktu singkat dan lebih baik meningkatkan konsumsi buah dan sayuran.

Mereka juga direkomendasikan untuk tidak mengonsumsi daging dan jeroan pada dikala yang bersamaan, dan tidak makan makanan yang terlalu pedas atau asam.

Pasien juga sepatutnya menghindari tidur dua jam sesudah makan karena dapat menyebabkan refluks asam lambung.

Selain itu, kurangi kopi, alkohol dan soda yang akan memperburuk situasi. Penting juga menghindari stres dan mengendalikan berat badan hingga menempuh indeks massa tubuh pas.



Bantu penulis dengan share: